Rabu, 17 September 2014

C. AKORD

Akord mempunyai arti yaitu kumpulan tiga nada atau lebih yang bila dimainkan secara bersamaan terdengar harmonis. Akord bisa dimainkan secara terputus-putus ataupun secara bersamaan. Contoh alat musik lainnya yang bisa memainkan akord adalah gitar (akustik dan listrik), organ, electone.

Adapun fungsi akord adalah antara lain:
1. Mengiringi orang menyanyi.
2, Untuk memudahkan mengaransemen lagu
3. Membantu menciptakan sebuah lagu

Sejarah Akord
Kata “chord” Bahasa Inggris berasal dari “tali”, sebuah Inggris Pertengahan pemendekan dari “kesepakatan” dalam arti “selaras dengan satu sama lain”. Untuk konfigurasi suara untuk diakui sebagai chord itu harus memiliki jangka waktu tertentu.
Karena chord dapat dipahami seperti itu bahkan ketika semua catatan perusahaan tidak secara bersamaan terdengar telah ada beberapa diskusi akademis mengenai titik di mana sekelompok catatan dapat disebut akord. Jean-Jacques Nattiez (1990, hal 218) menjelaskan bahwa “kita dapat menemukan ‘akord murni’ dalam sebuah karya musik,” seperti dalam “Promenade” dari Sederhana Mussorgsky ‘s Gambar di Pameran tapi “sering, kita harus pergi dari tekstual diberikan kepada representasi yang lebih abstrak dari chords digunakan “- seperti dalam Claude Debussy’s Première Arabesque .
Upper paranada: Claude Debussy ‘s Première Arabesque. The akord di bawah paranada dibangun dari catatan di bagian yang sebenarnya, muncul di atas paranada.
Awal harmoni Kristen menampilkan interval sempurna dari keempat, kelima, dan satu oktaf. Pada abad ke-15 dan 16, triad mayor dan minor menjadi semakin umum, dan segera ditetapkan sebagai kemerduan default untuk musik Barat. triad tersebut dapat digambarkan sebagai serangkaian tiga catatan; catatan akar, “ketiga”, dan “kelima” dari akord. Sebagai contoh, skala besar terdiri dari catatan CDEFGABC sedangkan akor C Mayor – tiga serangkai utama dibentuk dengan menggunakan C catatan sebagai root – terdiri dari C itu sendiri (catatan akar skala), E (catatan ketiga skala) dan G (catatan kelima skala). tiga serangkai ini besar karena interval dari C ke E, dari empat semitone, adalahketiga besar . Menggunakan skala yang sama chord dapat dibangun dengan menggunakan D sebagai catatan root; D(root), F (ketiga), A (kelima). Sementara ada empat semitone antara akar dan ketiga akord pada C, di chord D hanya ada 3 semitone antara akar dan ketiga (catatan luar masih seorang sempurna kelima terpisah). Dengan demikian, sedangkan triad C adalah utama, tiga serangkai D minor. triad A dapat dibangun pada setiap catatan dari skala besar Cdan semua akan kecil atau besar, dengan pengecualian tiga serangkai di nada-terkemuka yang berkurang.
Mengambil skala besar lainnya ( mode Ionia ), tersebut, keempat dan kelima interval pertama, ketika digunakan sebagai akar, bentuk triad utama. Demikian pula, karena setiap skala besar juga dapat menghasilkan relatif kecil , dalam skala kecil alam ( mode Aeolian ) triad minor ditemukan pada tonik, dan kelima derajat keempat skala. Setiap catatan skala diatonis-tujuh dapat menyediakan tiga besar dan tiga akord minor, kedua set dari tiga berdiri dalam hubungan I-IV-Vyang sama satu sama lain. Tingkat ketujuh) utama (tingkat dua yang relatif kecil akan menghasilkan chord berkurang.Lihat Matematika skala musik .
Empat-catatan “akord ketujuh” yang secara luas diadopsi dari abad ke-17. Keharmonisan dari banyak genre kontemporer Barat populer terus didirikan dalam penggunaan triad dan akord ketujuh, meskipun jauh dari universal. pengecualian terkenal termasuk musik berwarna, tanpa nada atau pasca-nada klasik kontemporer (termasuk musik dari beberapa skor film) dan jazz modern (terutama sekitar tahun 1960), di mana chords sering termasuk setidaknya lima catatan, dengan tujuh (dan kadang-kadang lebih) yang cukup umum.
Polychords terbentuk oleh dua atau lebih akord superimposed. Seringkali ini dapat dianalisis sebagai akord diperpanjang tetapi beberapa contoh kekurangan malaria kemerduan dari triad (Lihat: chord diubah , chord secundal , dan harmoni kwintal quartal dan chord Tristan ). Sebuah nada nonchord adalah disonan tidak stabil nada atau yang terletak di luar chord saat mendengar, walaupun sering menyelesaikan untuk nada akord. Sebuah suksesi akord disebut akor .

Karakteristik Chord

Setiap chord memiliki karakteristik tertentu, yang meliputi:
  • Jumlah kelas pitch (catatan yang berbeda tanpa sehubungan dengan oktaf) yang merupakan akord.
  • Skala derajat dari catatan akar
  • Posisi atau inversi akord
  • jenis Jenderal interval berisi: detik misalnya, pertiga, atau empat


Jumlah catatan yang berbeda

Chords dapat diklasifikasikan menurut beberapa catatan yang dikandungnya. Lebih tepatnya, karena contoh dari setiap catatan diberikan dalam oktaf yang berbeda dapat diambil sebagai catatan yang sama untuk tujuan analisis, lebih baik untuk berbicara tentang jumlah kelas pitch yang berbeda yang digunakan dalam konstruksi mereka. Tiga kelas pitch tersebut diperlukan untuk mendefinisikan setiap chord umum , sehingga simultan terdengar dua catatan kadang-kadang digolongkan sebagai interval daripada chord. Oleh karena itu Andrew Surmani (2004, hal 72) menyatakan; “ketika tiga atau lebih catatan yang terdengar bersama-sama, kombinasi disebut chord” dan George T. Jones (1994, hal 43) menjelaskan; “dua nada terdengar bersama-sama biasanya disebut interval, sementara tiga atau adat istiadat nada yang disebut chord “sementara, menurut Monath (1984, hal 37);” akord adalah kombinasi dari tiga atau lebih secara bersamaan terdengar nada yang jarak (interval disebut) antara nada berdasarkan rumus tertentu. “
Chords, bagaimanapun, sangat mapan dalam musik Barat yang sonorities dari dua lapangan, atau bahkan satu-catatan melodi, biasanya terdengar sebagai “menyiratkan” akord, sebuah psychoacoustic fenomena yang dihasilkan dari seumur hidup paparan harmoni musik konvensional sehingga bahwa otak “melengkapi” akord. [6] Otto Karolyi [7] menulis bahwa “dua atau lebih catatan terdengar secara bersamaan dikenal sebagai chord.”
Dua-catatan kombinasi, apakah disebut sebagai akord atau interval, disebut diad . Chords dibangun dari tiga catatan dari beberapa mendasari skala yang digambarkan sebagai triad . Mereka mungkin dipahami dibangun dari tumpukan duaketiga interval. Chords dari empat catatan yang dikenal sebagai tetrad , kelima berisi disebut pentads dan mereka menggunakan enam adalah hexads. Kadang-kadang istilah ” trichord “,” tetrachord “,” pentachord “dan” hexachord“digunakan, meskipun ini lebih biasanya mengacu pada kelas pitch dari setiap skala, umum tidak dimainkan secara bersamaan. Akord yang mungkin berisi lebih dari tiga catatan termasuk pedal titik akord, akord dominan ketujuh dan lain-lain disebut diperpanjang chords, menambahkan nada akord, cluster , dan polychords

Tidak ada komentar:

Posting Komentar