Minggu, 14 September 2014

Jenis Musik di Indonesia bag. 3 (Lagu Pop Indonesia)

Musik pop (istilah yang awalnya berasal dari singkatan dari "populer") adalah sebuah genre musik dari musik populer yang berasal dalam bentuk modern pada 1950-an, yang berasal dari rock and roll. Istilah musik populer dan musik pop sering digunakan secara bergantian, meskipun yang pertama adalah deskripsi musik yang populer (dan dapat termasuk gaya apapun), sedangkan yang terakhir adalah genre tertentu yang mengandung kualitas daya tarik massa.
Sebagai genre, musik pop sangat eklektik, sering meminjam elemen dari gaya-gaya lain termasuk urbandancerocklatin dan country; Musik pop umumnya dianggap sebagai sebuah genre yang komersial dicatat dan keinginan untuk memiliki daya tarik audiens massa.
Definisi
David Hatch dan Stephen Millward mendefinisikan musik pop sebagai "a body of music which is distinguishable from popular, jazz and folk musics" (sejenis musik yang dapat dibedakan dari musik populer, jazz, dan folk).  Meskipun musik pop sering dilihat sebagai berorientasi pada tangga lagu (tangga singel), namun tidak semua musik dalam tangga lagu adalah musik pop, melainkan juga dari berbagai macam aliran seperti klasikjazzrock, dan novelty song. Musik pop sebagai genre biasanya dianggap sebagai genre yang ada dan berkembang secara terpisah. Dengan demikian "musik pop" dapat digunakan untuk menggambarkan sebuah genre terpisah, yang ditujukan untuk target muda usia, dan sering dianggap sebagai alternatif yang lebih lembut dari rock and roll.
Ciri-ciri Musik Pop
A. Musik Pop Standar
Ciri-ciri:
- Melodi mudah diterapkan dengan berbagai karakter lirik.
- Sangat fleksibel jika dipadukan dengan jenis style lain.
- Lagu umumnya mudah disenandungkan dan diserap.
- Harmoni tidak terlalu rumit.
- Tempo bervariasi. 

B. Musik Pop Kreatif
Ciri-ciri:
Musik Pop kreatif adalah musik pop yang memiliki keunikan dalam ritme, melodi, harmoni, instrumen, gaya dan lirik karena keterpaduannya dengan gaya musik yang lain, seperti klasik, rock, jazz, dan sebagainya.
Pop kreatif berkembang di Indonesia sejak diadakannya Dasa Tembang Tercantik oleh Radio Prambors Rasisonia di Jakarta tahun 1980-an.

C. Musik Pop Balada
Ciri-ciri:
- Mirip dengan Musik Pop
- Tempo bervariasi
- Pola melodi bervariasi karena dibuat untuk kepentingan lirik
- Lirik cenderung Ekspresif, sindiran (jenaka, sedih, keras), serta berkisah tentang rasa sosial dan suka duka kehidupan.

Contoh Lagu Pop di Indonesia
1. Astrid – Terpukau
2. Geisha - Lumpuhkan Ingatanku
3. Alex Ferrari – Bara Bara Bere Bere (Original Mix)
4. Denny Cagur – Goyang Bang Jali
5. Judika feat. Duma – Sampai Akhir
6. Bunga Citra Lestari – Jangan Gila
7. Syahrini – Cinta Tapi Gengsi
8. Cakra Khan – Setelah Kau Tiada
9. Fatin – Dia Dia Dia
10. Afgan - Sabar
11. NOAH - Tak Lagi Sama
12. D’Masiv – Nyaman
13. Ishokuichi – Pergi Untuknya
14. Killing Me Inside – Jangan Pergi (Feat. Tiffany)
15. Samsons – Di Ujung Jalan
16. Citra Scholastika – Sadis
17. Repvblik – Sandiwara Cinta
18. Tata Janeeta – Penipu Hati
19. Mikha Angelo – Soulmate
20. Ungu – Seperti Bintang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar