Minggu, 14 September 2014

Fungsi Musik Nusantara

  1. Fungsi Musik Secara Umum
1.  Sebagai Media Hiburan (Entertaiment)                       
Masyarakat secara umum memahami musik sebagai kebutuhan hiburan.Dari belahan bumi mana pun,sebagian besar orang hanya memanfaatkannya hanya untuk sekedar pelepas lelah dalam rutinitas kehidupan sehari-hari.Radio,musik rekaman,film bioskop,televisi,dan internet memberikan ara yang mantap terhadap citra musik sebagai media hiburan.          
2. Sebagai Media Pengobatan (Therapy)
Kemungkinan orang tidak pernah mengira bahwa beberapa tabib Muslim pada abad ke-9 dan ke-10 telah menggunakan musik sebagai sarana penyenbuh penyakit, baik jasmani maupun rohani.Seorang filsuf,Al-Farabi (257-337) H/870-950 SM telah menulis risalah tentang pengobatan melalui musik Al-‘llaj fi Al Musiqa.Beethoven ,tanpa disadarinya,juga membuktikan bahwa musiknya menjadi alat penyembuhan penyakit jiwa bagi komposer yang kesepian karena ketuliaanya tersebut.         
3.Sebagai Media Peningkatan Kecerdasan (Intelengensi)                       
Otak manusi dibagi menjadi dua yaitu right hemisphere (otak kanan) dan left hemisphere (otak kiri).Keseimbangan dua bagian otak tersebut dapat mempengaruhi kecerdasan manusia.Musik dijadikan sebagai alat penyeimbangan otak kiri. Daya estestis musik juga dapat dimanfaatkan sebagai penambah IQ.
4.  Sebagai Suasana Upacara Keagamaan                       
Musik keagamaan bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Musik kegamaan dapat mengilhami penganut suatu agama untuk selalu mengingat-Nya.
5.  Pengiring Tari/Dansa                       
Unsur irama/ritme dalam musik dapat berpengaruh pada perasaan seseorang umtuk melakukan gerakan-gerakan indah dalam tari/dansa.Dalam dunia barat,musik juga berfungsi sebagai pengring dansa/tari. Tidak jarang dari salah satu jenis musiknya hanya ditunjukan untuk mengiringi jenis tarian tetentu. Misalnya waltz digunakanuntuk mengiringi tarian waltz dan lain-lain.

Fungsi Musik Nusantara Secara Khusus
Secara umum, fungsi musik bagi masyarakat Indonesia antara lain sebagai sarana atau media upacara ritual, media hiburan, media ekspresi diri, media komunikasi, pengiring tari,dan sarana ekonomi.
1. Sebuah kegiatan berfikir kreatif akan terpacudan berkembang sehingga dapat digunakan manusia dalam proses belajar. 
beberapa fungsi musik Nusantara yang lain, yaitu:
2. MediaPendidikan
3. Sebagai sarana rekreatif untukmelepaskan kepenatan hidup sehari-hari.
4. Media hiburan 
5. Musik yang diapresiasi dalam hal ini adalah musik seni, yaitu musik yang dinikmati semata-mata karena unsurkeindahannya. Media apresiasi


Berdasarkan Fungsi, musik Nusantara terbagi menjadi dua jenis
a. Musik Sakral atau Musik Religi           
Musik sakral diciptakan untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat religius atau keagamaan,termasuk juga musik upacara adat, pernikahan,dan kematian.Pada upacara keagamaan,musik mengilham orang untuk mengingat Tuhan atau Dewa.Musik dipadukan dengan lagu keagamaan dan tarian suci.terkadang komponis juga memilih tema keagamaan dalam mengubah musik .Contohnya Messiah,gubahan komponis jerman, George Friederich Handel.Syair lagu tersebut diambil dari isi alkitab.
b.  Musik sekuler Atau Musik duniawi                   
Musik ini tidak memiliki unsur keagamaan.  Contoh musik sekuler adalah musik untuk dansa, musik mars, dan musik-musik hiburan yang bersifat duniawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar